Selalu tersirat untuk membuat tema baru di blog saya ini. Sekarang terinspirasi oleh tugas pacar saya, yaitu tentang catatan kaki atau sering disebut footnote. Footnote adalah sebuah bagian dari badan laporan atau dokumen kita yang berada di bawah. Biasanya footnote berisikan lampiran sumber kata-kata yang telah kita kutip dari buku lain ataupun bisa sebagai keterangan atau detail dari sebuah istilah yang kita cantumkan di laporan kita.

Saya bukan guru Bahasa Indonesia dan saya tidak bisa menerangkan footnote dengan baik tetapi saya akan memberikan tips dan trik memunculkan footnote di laporan yang kita buat pada program Microsoft Word. Yang akan saya pakai adalah Microsoft Word 2007, hal ini dikarenakan bentuk ribbon atau tumpukan menu yang kadang bikin kita ngejelimet berbeda dengan Microsoft Word 2003 yang terlihat lebih simple. Contohnya seperti ini :



Bagaimana cara membuat seperti itu? Sebelumnya saya akan jelaskan bagian dari dokumen. Dokumen sebenarnya dibagi menjadi 4 bagian besar, yaitu header, isi dokumen, footnote dan footer. (diurutkan dari posisi yang paling atas) Sehingga bisa disimpulkan bahwa footnote terdapat diantara blog isi dokumen dan blog footer. Footnote sendiri dalam Microsoft Word dibagi menjadi footnote dan juga endnote. Pada intinya perbedaan footnote dan endnote adalah tempatnya. Footnote berada di halaman pada kata yang dijelaskan tetapi endnote terdapat pada akhir kalimat.

Saat kita memberikan footnote Microsoft Word dengan otomatis memberikan sebuah nomor sesuai dengan urutan footnote tersebut dan dengan format superscrip atau lebih naik ke atas. Kemudian dibagian bawah akan muncul area footnote gang di awalai dengan sebuah garis yang tanggung.

Oke kita langsung saja masuk ke topic bagaimana cara pembuatannya. Caranya yang pertama anda tinggal letakan cursor dikata-kata yang akan anda ingin menyisipkan footnotenya. Lalu klik tab menu References diikuti dengan mengkilk toolbar Insert Footnote yang terdapat pada kelompok Footnotes.



Setelah itu akan akan dibuat angka atau penomoran dengan angka biasa 1,2,3 dst dan kursor akan mengarah ke arena footnote di bawah blog isi dokumen. Kita bsa langsung mengetikan isi dari footnote kita. Jika sudah selesai mengisi footnote nya langkah untuk keluar dari arena footnote yaitu dengan klik pada bagian isi dokumen dan dengan otomatis anda kembali ke arena isi dokumen dan bisa meneruskan menulis laporan anda.
Bagaimana cara meng-edit isi footnote dan jua menghapus footnote? Caranya lebih mudah dari pada membuat footnotenya. Jika kita ingin mengedit footnotenya kita tinggal mengkik arena footenote yang akan kita edit. Maka dengan otomatis kursor berada di footnote yang akan kita edit. Jika kita ingin menghapus atau mendelete footnote, kita tinggal menghapus mark atau angkan yang ada pada arena atau blog isi dokumen. (yang tandanya berupa superscrip tinggal di backspace aja)

Jika anda sudah bisa menginsert, mengedit dan mendelete footnote, kita langsung saja belajar cara mengcostumizenya. Caranya mudah dengan mengkilk bagian sudut kanan bawa di tab References di bagian footnote yang bergamba seperti ini



lalu akan muncul kotak dialog seperti ini.



Penjelasannya adalah:
Location = untuk mengatur tata letak format footnote atau endnote.(lihat isi dokumen ini di atas)
Format = bagian untuk mengformat footnote atau endnote.
Number Format = untuk memilih jenis format penomoran pada footnote yang akan kita buat.
Custom Mark = kita bisa mengganti penanda footnote bukan dengan angka tetapi dengan symbol.
Start at = mementukan dari angka berapa footnote yang akan di cantumkan.
Numbering = memberikan option apakan akan terus menerus panmbahan angkanya pada setiap halaman(continuos) atau memulai kembali setiap section(restart each section) atau pun memulai kembali pada setiap halaman baru(restart each page).
(Jika Custom Mark di isi maka Number Format dan start at tidak berfungsi dan begitu sebaliknya)
Apply changes to = mengapply perubahan pada septiap dokumen atau hanya dokumen ini saja.

Sekian update-an blog dari saya, semoga bermanfaat. Maaf jika ada salah definisi karena blog ini saya buat dengan sumber pengalaman saya sendiri. Selamat bekerja untuk anda dan pacar saya dengan menggunakan footnote di Microsoft Word dengan mudah.

0 komentar:

Poskan Komentar