Ada lagi topik buat bikin blog saya semakin penuh. Berasal dari teman sekampus saya di STMIK LIKMI, dia bertanya bagai mana cara untuk menjalankan aplikasi lain pada koding Delphi. Nah mari kita simak.

Agar mengerti lebih lanjut kita akan membuat satu program kecil. Pertama jalankan Delphi lalu klik File>New>Aplication.Untuk menjalankan aplikasi lain kita untuk uses yang bukan default di berikan oleh Delphi sendiri. Tapi kita harus mengimport suatu uses luar namun sudah ada di Delphi yaitu uses ShellAPI. Untuk mengkases ShellAPI tersebut kita harus mengetikan ShellAPI pada unit kita. (Tekan F12 untuk masuk ke code editor.) Lihat gambar di bawah ini.



Sesudah itu kembali ke form lalu buat satu tombol dank ilk dua kali agar masuk ke code editor dengan procedure on clik button. Ketikan ShellExecute(0,'open','C:\WINDOWS\system32\freecell.exe','','',SW_SHOWNORMAL);
Coba kita run. Hasilnya jika kita mengkilk tombol tersebut program freecell akan terexecute atau terasa dipangil oleh program kita.
Bisa dilihat ada 6 parameter di procedure ShellExecute ini. Yaitu ShellExecute(hWnd,Operation,FileName,Parameter,Directory,ShowCmd);
Saya akan jelaskan satu per satu.

hWnd
Bertipekan HWND, pada contoh program saya isikan 0. hWnd ini berfungsi untuk Handle window parent. Suatu list dari API mungkin saya akan bahas di topic baru saya di blog ini.

Operation
Bertipekan PChar sehingga harus memakai kutip untuk penulisannya. Merupakan null terminated string dan memiliki beberapa option yaitu Edit(untuk menjalankan editor untuk mengedit file yang kita execute), Explore(membuka explorer pada path yang di tentukan pada parameter Filename),Find(Membuka window Find sesuai dengan path yang ditentukan,Open(mengexecute program lain),Print(Mencetak dokumen hanya dapat digunakan untuk dokumen). Dalam program kita, kita memakai Open.

FileName
Bertipekan PChar. Menyatakan nama file yang ingin di jalankan. Jika directory tidak default mendingan kita memakai cara reltive path. Ada topiknya di blog saya tinggal kalian baca saja.

Parameter
Bertipekan PChar. Menyatakan parameter jika dibutuhkan oleh suatu file executable.

Directory
Bertipekan PChar. Menyatakan direktori default. Dengan contoh code program di atas bisa kita rubah menjadi ShellExecute(0,'open','freecell.exe','','C:\WINDOWS\system32\',SW_SHOWNORMAL);

ShowCmd
Bertipekan integer(flag) oleh karena itu pengaruh huruf besar dan kecil sangat berpengaruh namun ketikan dalam huruf besar semua. Pilihan nya adalah SW_HIDE(menyembunyikan window dan mengaktifkan window lain),SW_MAXIMIZE(Memaximize window),SW_MINIMIZE(meminimize window),SW_RESTORE(Mengaktifkan dan menampilkan window pada kondisi asal),SW_SHOW(mengaktfkan window pada posisi dan ukuran saat ini),SW_SHOWDEFAULT(Mengeset secara default),SW_SHOWMAXIMIZED(Mengaktifkan windw dan menampilkan dalam kondisi maximize),SW_SHOWMINIMIZED(mengaktifkan window dan menampilkan dalam kondisi minimize),SW_SHOWMINNOACTIVE(menampilkan window pada kondisi minimize, sedangkan window yang aktif tetap aktif),SW_SHOWNA(menampilkan window pada kondisi saat ini, window yang aktif tetap aktif),SW_SHOWNORMAL(Mengkatifkan secara normal). Untuk lebih mengerti sebaiknya anda coba satu persatu.

2 komentar:

Hakim mengatakan...

Saya Sangat Berterima Kasih Gan THX , Postingan Nya Keren Gan :D

Iman Taskiman mengatakan...

Mantap gan...

Posting Komentar